Tidur Cukup Cegah Kanker Payudara

Tidur yang cukup tak hanya membantu Anda agar tidak mengantuk keesokan harinya atau supaya bisa berkonsentrasi kerja. Tapi ada manfaat tambahan lainnya lho.


Terutama ini penting bagi kaum perempuan. Ternyata, risiko kanker payudara dikaitkan dengan jumlah jam tidur malam. Karenanya, kaum perempuan tampaknya harus mulai menjaga kuantitas tidurnya.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa perempuan yang kurang tidur justru meningkatkan risiko kanker payudara agresif.

Temuan dalam Journal Breast Cancer Research and Treatment telah membuktikan, perempuan dengan jam tidur malam kurang dari enam jam semalam dalam dua tahun memiliki risiko lebih tinggi mengidap jenis kanker mematikan ini.

Para peneliti di University Hospitals Case Medical Center in Cleveland, Ohio, menyimpulkan bahwa terjadi gangguan jam tubuh (irama sirkadian) akibat kurangnya tidur yang memicu timbulnya kanker.

"Tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri, terutama sel-sel rusak, dan mungkin hal ini terganggu," jelas peneliti.

Peneliti menegaskan bahwa risiko ini lebih tinggi terjadi pada wanita menopause. Namun, tak menutup kemungkinan terjadi juga pada wanita muda.
Share on Google Plus

About Shinta Devi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment