Movie Review : Batman Begins



Director : Christoper Nolan
Starring : Christian Bale, Michael Caine, Mogan Freeman, Gary Oldman, Liam Neeson, Katie Holmes

Pada tahun 1997, Batman dinyatakan mati oleh fans dan kritikus ketika Batman & Robin keluar ke pasaran. Kenapa? Ya karena film batman ini seperti sebuah bajaj yang ditabrak truk, alias hancur total. Darimulai script, acting, directing, scoring and everything are so bad. No, soooooooooooo bad that made Batman fans all over the world cried in despair. Tapi saya akan bahas itu lain waktu, ketika ada mood me-review film buruk itu. Sekarang saya akan berbicara mengenai kebangkitan Batman.

Pada tahun 2004 sudah ada pernyataan bahwa Warner Brothers akan membuat film Batman. Film ini akan diberi judul Batman : The Intimidation Game, tetapi diubah dengan Batman Begins karena film ini merupakan reboot film dahulu bukan salah satu franchise yang hancur itu. Meskipun fans telah diberi tahu bahwa sutradara film ini adalah sutradara film triller Memento, Chris Nolan dan pemerannya adalah Christian Bale, mereka masih takut menonton karena trauma dengan Batman Forever dan Batman & Robin. Karena ketakutan itulah, banyak fans yang tidak ke bioskop dan lebih memilih menontonnya lewat DVD saja.

How wrong they were!! Batman Begins merupakan the CPR of Batman Franchise. Melalui Batman Begins, Nolan membangkitkan lagi Batman franchise yang telah mati suri selama bertahun-tahun. Ya, mati suri karena hampir dibunuh oleh Joel Schumaker lewat Batman & Robin-nya yang penuh dengan neon dan seperti iklan mainan.

Bruce's training
Di Batman Begins, para pecinta Batman dan film disuguhkan cerita asli atau asal-muasal bagaimana Bruce Wayne menjadi Batman. Diawali dengan Bruce Wayne kecil yang jatuh ke dalam sumur dan diserang oleh sekumpulan kelelawar, film dibuka dengan Bruce Wayne terbangun di Penjara di Buthan. Bruce Wayne yang ingin mempelajari kriminal ditemukan oleh Ducard dan diajak bergabung dengan League of Shadow. Disinilah Bruce dilatih sebagai seorang Ninja! Batman is a Ninja! Oh Yeah!
 
Di sini hampir semua pertanyaan yang muncul di film Batman 1989 terjawab. Dari bagaimana Bruce berlatih menjadi Batman, fobia kelelawarnya sampai begaimana Bruce mendapatkan semua gadget canggih berupa Batmobile atau Tumbler namanya di sini, gripple gun, batarang dll.

The Tumbler
Ada beberapa perbedaan di film ini dibandigkan dengan Batman sebelumnya bahkan di komik. Batman di sini selalu disebut dengan THE BATMAN, something that makes more awesome. Sang Batman!! Dan juga BatMobile yang mirip tank karena penggunaannya sebenarnya untuk militer. Berbeda dengan Batman 89 yang mobilnya benar-benar mirip dengan komik. Selain mobil, ada juga batarang. Batarang adalah senjata batman yang seperti suriken tetapi berbentuk simbol kelelawarnya Batman di sini. Simbol Batman disini berbeda dengan di komik atau Batman terdahulu. 

Batarang
Berbeda dengan film superhero lain, film ini lebih mengulas sisi psikologis Batman daripada action.Tema film ini adalah fear, jadi di sini kita akan melihat bagaimana Bruce Wayne menaklukkan ketakutan dan trauma-nya, baik phobia-nya terhadap kelelawar maupun trauma kematian kedua orang tuanya. Batman juga tetap bersikukuh dengan code-nya yaitu tidak membunuh dan tidak menggunakan gun. Berbeda dengan Batman 89 yang membunuh.
Untuk kualitas akting, semua cast memberikan hal terbaik mereka. Oscar Winner Christian Bale adalah Bruce/Batman terbaik yang pernah muncul di big-screen. He’s so belieavable! Bale juga berbicara dengan Batman voice. Raspy and growl-like suaranya. Menakutkan bila didengar di dark alley... Apalagi adegan yang satu ini :

Flash : "I swear to God"
Batman : "SWEAR TO ME!!"

Nggak kebayang tuh teriak dengan topeng menakutkan plus suara yang meraung seperti singa... Wow..

Oscar Winner Michael Caine dan Mogan Freeman juga sangat hebat sebagai Alfred dan Lucius Fox. Oscar Nominee Gary Oldman berperan sebagai Jim Gordon dengan baik, seperti Jim Gordon yang dihidupkan dari komik. Cillian Murphy dan Liam Neeson juga perfect dalam akting mereka. Yang paling lemah adalah Katie Holme karena tidak hanya terlalu muda untuk menjadi Bruce’s childhood friend dan Asisten Disctric Attorney, akting-nya yang pas-pasan is overshadowed by the other cast members. Meskipun begitu chemistry yang baik dengan Christian Bale menolongnya.

Thank you Christoper Nolan for bringing back Batman!

I give this movie : A+

      Movie Review score :

A+  = Brilliant       C+    =Not too bad
A     = Great          C      = Bad
B+   = Good          D      = Worst
B     = Enjoyable
Share on Google Plus

About Shinta Devi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment