Movie Review - The Social Network (2010)



 The social network adalah suatu film karya David Fincher yang dibintangi oleh Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, dan Justin Timberlake. Film ini diangkat dari kisah nyata billionaire termuda pendiri jejaring sosial Facebook.

The Social Network dimulai dengan Mark Zuckerberg (Jesse Eisenberg) dan pacarnya Erica Albright (Rooney Mara)di sebuah club dan berakhir dengan pulangnya Mark ke asramanya di Harvard University. Dia kemudian membuat situ yang bernama FaceMash yang dia buat bersamaan dengan menulis kata-kata aneh dan kekanak-kanakan tentang Erica di blog-nya. 

Facemash adalah sebuah situs dimana ada doto dua orang perempuan dipasang berdampingan dan pengunjungnya akan memilih siapa yang tercantik. Situs ini menerima banyak sekali kunjungan yang ujung-ujungnya membuat kacau jaringan kampus harvard.edu dan akhirnya diadili oleh bagian kedisiplinan kampus.

Karena sifatnya yang tidak tertarik dengan uang atau kepopuleran, Mark menjadi incaran dua anak kembar The Winklevosses dan Div- ya Narendra (Max Minghella) yang mempunyai sebuah ide untuk membuat situs jejaring sosial tanpa nama. Mark pun menerima dan berusaha mencapainya dengan cara apapun, termasuk percaya pada Sean Parker, (Justin Timberlake) pendiri Napster (sebuah situs dowload musik), dan bahkan membuat hubungannya dengan Eduardo (Andrew  Garfield) retak.

Untuk para pecintafilm yang merindukan film yang penuh dengan cerita sehari-hari yang real, jalan cerita yang menarik, dan adegan-adegan lucu yang terkemas dalam percakapan cerda antara tokoh-tokohnya, film ini sangat direkomendasikan. Kita akan dibuat terkejut bahwa situs jejaring sosial terbesar ini dibuat oleh seseorang yang tidak dapat bersosialisasi dengan orang-orang disekitarnya. Seseorang yang hanya memiliki seorang teman, Eduardo, di Harvard dan juga serang Lawyer muda yang membantu kasusnya dengan Eduardo.

Kekurangan film ini hanyalah, Eduardo (Andrew Garfield) yang lebih berperan disini karena dialah narator dari apa yang terjadi dan bagaimana perjuangan Mark dalam membangun situs Facebook ini, sehingga Mark sedikit tertutupi dengan Eduardo yang selalu muncul untuk menjelaskan segalanya. Tetapi tidak dipungkiri bahwa film “The Social network” ini merupakan sebuah film yang baik dari segala hal (acting, script, directing, etc) yang tidak akan mengecewakan siapa saja yang menontonnya.

Sang sutradata, David Fitcher, yang sukses dengan filmya “The Curious Case of Benjamin Button” dan “Fight Club” kembali menghibur sekaligus memukau pecinta film dengan film ini.

Score : A

Share on Google Plus

About Shinta Devi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment