SM-3T : The Life Part 3G (Independence Day)

Okay, so this is my last entry for my SM-3T experience. I am going to do my PPG soon. I don't know if I can post a post during my PPG but I'll try. It is rumoured that I'll have some free time on Sunday, so maybe yes.

Pengalaman yang akan saya share ini sangat istimewa. Saya adalah yang terakhir pulang ke kampung halaman, sehingga saya mengikuti kegiatan HUT RI di daerah penempatan. Upacara HUT RI dilaksanakan di kampung Damai Kota. Berbeda dengan perayaan HUT RI di daerah lain, lomba-lomb yang identik dalam perayaan HUT dilaksanakan setelah upacara pagi hari. Hal ini jelas memberi dampak yang kurang baik untuk jalannya upacara yang diadakan sore hari karena para pelajar sudah terlalu lelah untuk mengikuti jalannya upacara.

Upacara pagi ahri dilaksanakan pada pukul 08.00 WITA dan selesai sangat cepat yaitu 08.30 WITA karena tidak adanya pidato. Saya merasa aneh sebenarnya namun ya sudah toh saya tidak bisa apa-apa. Jumlah peserta yang datang merupakan gabungan dari siswa-siswa SD, SMP, SMA Damai dan SMP Jenggan Danum karena sedikitnya jumlah pelajar di sana. Karena gabungan inilah dan PNS yang bekerja di kecamatan dan sekolah maka peserta upacara menjadi banyak. Sayang lain halnya dengan upacara di sore hari yang jumlahnya bisa dihitung dengan hitungan jari saja.

Karena tentunya saya tidak memiliki foto lomba dan juga upacara, saya hanya bisa share foto-foto siswa siswi saya yang ditunjuk sebagai pasukan pengibar bendera saat upacara. Jujur dari sekian banyak pengalaman yang saya dapatkan, pengalaman inilah yang paling mengena di hati saya. Indonesia yang sudah berumuh puluhan tahun masih memiliki daerah yang seperti ini. Saya sempat hampir menangis ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan karena melihat betapa bedanya daerah pengabdian saya dengan tempat tinggal saya di Jawa. Rasa syukur dan nasionalisme saya tiba-tiba mengembung berkali-kali lipat. 

Saya sangat berharap bahwa cita-cita bangsa dapat diteruskan oleh siswa-siswi saya walaupun mereka hanya berada di daerah terpencil. Saya berharap mereka memiliki mimpi-mimpi yang tinggi sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang baik dan membawa bangsa ini menajdi bangsa yang lebih baik.







Share on Google Plus

About Shinta Devi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment